Cari Berita Menarik dan Kumpulan Download Lagu Mp3 Full Album Terlengkap, Terbaru dan Lawas Disini!

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Hardisk atau yang disingkat HDD adalah sebuah komponen perangkat keras ( Komputer ) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Hardisk pertama kali diciptakan oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Pada komputer hardisk sering terjadi kerusakan, salah satunya adalah bad sector yaitu adalah sebuah istilah untuk area yang rusak pada hardisk.
Bad sector bisa terjadi secara fisik atau secara software. Bad sector secara fisik terjadi karena terdapat kerusakan pada bagian plate hardisk, biasanya dikarenakan hardisk debuan, terjatuh atau hardisk terkena benturan keras. Bad sector secara software biasanya terjadi saat hardisk sedang  bekerja dan secara tiba-tiba komputer mati, misalnya karena mati listrik atau dimatikan secara paksa. Untuk artikel kali ini saya akan berbagi kepada sobat mengenai bagaimana cara memperbaiki hardisk bad sector secara software.
Untuk memperbaiki hardisk yang bad sector secara software terdapat beberapa aplikasi ( software ) yang bisa kita gunakan. Tapi, untuk artikel kali ini yang akan kita bahas adalah cara memperbaiki hardisk yang bad sector dengan HDD Low Level Format Tool. OK! untuk cara memperbaiki hardisk yang bad sector secara software simak di bawah ini :

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan HDD Low Level Format Tool

Progam Low level format adalah utility yang berfungsi untuk menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam hardisk serta informasi bad sektor. Setelah menjalankan low level format maka kondisi hardisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan. Jadi sebelumnya  pastikan data yang diperlukan di-backup terlebih dahulu. Melihat fungsinya itu, maka selain digunakan untuk memperbaiki bad sektor, tool low level format bisa kita gunakan untuk membersihkan data-data yang sangat pribadi atau rahasia secara permanen.

Langkah-langkah untuk menggunakan HDD Low Level Format Tool: 
  • Download program HDD Low Level Format disini 
  • Setelah anda download lalu install program HDD Low Level Format
  • Setelah instalasi selesai, langkah berikutnya adalah jalankan program HDD Low Level Format tools 4.25 sehingga muncul tampilan seperti dibawah :
Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
  • Pilih hardisk yang akan di-format, kemudian klik Continue.
  • Klik tab LOW-LEVEL FORMAT, klik FORMAT THIS DEVICE
  • Tunggu sampai selesai, dan biasanya prosesnya akan memakan waktu cukup lama jadi luangkanlah waktu yang cukup.
Selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), HDD Low Level Format Tool bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash Card dan sejenisnya.

Artikel " Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector " ini saya tulis untuk membantu sobat yang sedang mengalami kerusakan pada hardisk komputer sobat dan sobat bingung cara untuk memperbaiki hardisk sobat yang bad sector. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat semua! Good Luck !


2 Responses to "Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector"

  1. Wah, pas nih masbro, kebetulan harddisk lagi rusak, mau ane coba dulu triknya, makasih atas sharing ilmunya

    ReplyDelete